Perkenalkan, Robotorial

Ilustrasi robot
Ilustrasi robot
© Tito Sigilipoe /Beritagar.id

Seperti yang telah dijanjikan sejak awal berdiri pada 2015, Beritagar.id akan memberdayakan teknologi kecerdasan buatan untuk memproduksi konten secara otomatis. Mulai pekan ini, salah satu hasil eksperimen tim produk akan mulai dipublikasikan. Kami menamainya, Robotorial.

Laporan hasil pertandingan sepak bola, menjadi materi awal eksperimen ini karena datanya konsisten dan berupa pengulangan. Dari setiap pertandingan, informasi mendasar seperti gol yang tercipta, pencipta gol, dan tentu saja siapa yang memenangi pertandingan, dapat diolah secara cepat.

Data hasil pertandingan dimaksud, juga merupakan fakta yang tak butuh verifikasi sehingga dapat disajikan apa adanya kepada Anda, pembaca Beritagar.id yang budiman.

Ketersediaan data secara masinal, menjadi dasar pemilihan laga yang dilaporkan. Karena itu, mungkin Anda belum bisa mendapatkan laporan dari liga domestik Indonesia dalam waktu dekat ini. Ajang Liga Primer Inggris jadi pilihan pertama saat ini, mengingat keterbatasan tersebut.

Memanfaatkan antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface--populer dengan singkatan API) yang disediakan pihak ketiga, data hasil pertandingan sepak bola diolah mesin Beritagar.id menjadi narasi sederhana. Berbagai skenario disiapkan untuk menggambarkan momen penting saat pertandingan berlangsung.

Misalnya sudut pandang laporan pertandingan, dari sisi tuan rumah atau tim yang bertandang. Tim tuan rumah yang lazimnya diunggulkan, akan mendapat komentar negatif bila ternyata gagal memetik kemenangan.

Skenario tersebut bisa berubah bila tuan rumah adalah penghuni dasar klasemen, menghadapi tim tamu sang penghuni lima besar klasemen sementara. Akan terasa "wajar" bila tim tuan rumah jadi pihak yang tak diunggulkan dalam laga tersebut. Mampu menahan imbang tim tamu, bisa jadi prestasi tersendiri. Apalagi bila bisa menang.

Begitupun untuk grafik statistik sederhana, dibuat secara otomatis oleh program komputer sehingga tak perlu lagi sentuhan manusia sebagai perancang grafis. Teks dan gambar kemudian dipublikasikan secara otomatis, dalam hitungan menit setelah pertandingan usai, dengan nama "Robotorial" sebagai identitas pembuat konten.

Manusia, dalam hal ini hanya menyiapkan template yang bisa digunakan berulang-ulang. Sistem kecerdasan buatan komputer yang akan memilihnya sesuai konteksnya.

Mengubah data berupa angka-angka menjadi narasi, merupakan penerapan Natural Language Generation (NLG), salah satu cabang dalam Machine Learning atau sistem pembelajaran komputer. Teknologi serupa dimanfaatkan Associated Press untuk menerbitkan artikel berdasarkan laporan keuangan perusahaan.

Banyak sumber data lain yang bisa diolah menjadi narasi--selain laporan hasil pertandingan olahraga dan laporan keuangan--misalnya laporan kejadian gempa bumi yang terdeteksi oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), atau lembaga lain di dunia yang kredibel seperti USGS (United States Geological Survey).

Laporan hasil pertandingan sepak bola ini hanya langkah awal, sebelum merambah ranah lain seperti dijelaskan di atas. Seiring waktu, versi awal ini akan terus dimutakhirkan penyajiannya, agar lebih terasa "manusiawi".

Laporan-laporan otomatis hasil pertandingan oleh Robotorial ini dapat diakses di kanal Arena, khususnya dalam topik Hasil Pertandingan.

BACA JUGA