Mampir di Beritagar: SMK Negeri 1 Bantul

Mampir di Beritagar: SMK Negeri 1 Bantul
Mampir di Beritagar: SMK Negeri 1 Bantul
© Beritagar.id /Beritagar.id

Rabu (7/11/2019), giliran perwakilan dari SMK Negeri 1 Bantul sebanyak 64 peserta dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan menyambangi markas Beritagar.id. Sudah menjadi agenda rutin bagi Beritagar.id untuk menerima kunjungan dari SMK/SMA, Universitas atau komunitas tertentu. Agenda ini diadakan untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai Beritagar.id dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan informasi mengenai robot jurnalis yang dikembangkan oleh Beritagar.id.

Acara dipandu oleh Martyn Kho dari Tim Marketing, diawali dengan memperkenalkan Beritagar.id baik itu website, sosial media, dan lainnya. Para perserta juga diminta untuk membuka akun sosial media Beritagar.id (Facebook, Twitter, Instagram) dan mengikuti akun tersebut, empat orang yang tercepat akan mendapatkan merchandise resmi kami. Di sini juga memperkenalkan tentang struktur perusahaan dan juga latar belakang perusahaan.

Acara selanjutnya diisi oleh Henkie Prabancono selaku Product Manager Beritagar.id yang memaparkan mengenai Teknologi infrastruktur pada situs produksi, khususnya tentang kegiatan Tim IT seperti pemantauan dan perawatan situs, pemantauan sumber daya dan internal server, pemantauan log sistem, perawatan berkala dan pemutakhiran paket sistem, serta melakukan backup data dengan rutin untuk memitigasi risiko kehilangan data.

Lalu bagaimana cara penanganan insiden di saat server sedang down? Henkie menjelaskan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi masalah, analisa sumber permasalahan, mitigasi dampak kerusakan/kegagalan sistem, lalu perbaikan/resolusi permasalahan serta solusinya dengan membentuk tim kecil yang memiliki kewenangan, respon cepat, dan menjaga komunikasi.

Diskusi berjalan interaktif, para peserta juga diberi pertanyaan tentang “Apa arti dari sebuah insiden?”. Nah, yang berhasil menjawab juga mendapatkan merchandise .

Mas Kun  menjelaskan seputar sistem teknologi yang dikembangkan Beritagar.id
Mas Kun menjelaskan seputar sistem teknologi yang dikembangkan Beritagar.id
© Beritagar.id /Beritagar.id

Selanjutnya acara diisi dengan sesi diskusi bersama Kun Budiharta selaku Senior Developer Beritagar.id. Mas Kun, begitu ia biasa disapa, menjelaskan seputar sistem teknologi yang dikembangkan Beritagar.id. Dalam hal ini Mas Kun memberikan kuis menyusun kata menjadi kalimat yang benar. Para peserta sangat antusias dan berlomba-lomba untuk mengikuti kuis tersebut. Melalui kuis ini juga Mas Kun menggambarkan bagaimana cara kerja dari sistem teknologi yang diterapkan di Beritagar.id. Selain itu juga hadir Dufan Aditya dari Tim Developer yang menceritakan pengalaman kerjanya.

Penyerahan kenang-kenangan oleh Bapak Wahid kepada Bapak Henkie
Penyerahan kenang-kenangan oleh Bapak Wahid kepada Bapak Henkie
© Beritagar.id /Beritagar.id

Acara yang dimulai sejak pukul 09:00 WIB sampai pukul 11:30 WIB yang diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Bapak Wahid selaku guru dari SMK Negeri 1 Bantul kepada Henkie dari Beritagar.id.

BACA JUGA