Mampir di Beritagar: SKM Bulaksumur UGM

SKM Bulaksumur UGM
SKM Bulaksumur UGM
© beritagar.id /beritagar.id

Kantor Beritagar.id pagi ini (9/11) kembali kedatangan tamu spesial. Teman-teman dari kota pelajar Yogyakarta, singgah untuk belajar mengenai Jurnalistik dan Robotorial di Beritagar.id.

Mereka yang tergabung dalam UKM Jurnalistik Universitas Gadjah Mada yang disebut SKM UGM Bulaksumur. Berjumlah 34 mahasiswa dan mahasiswi, SKM UGM Bulaksumur terdiri dari mahasiswa berbeda angkatan dan jurusan.

Dikemas dalam talkshow ringan, sharing kali ini membahas mengenai jusrnalistik dan robotorial atau machine learning. Dipandu oleh Kristin Amelina, salah seorang tim Beritagar.id, kegiatan talkshow berjalan dengan sangat cair melalui berbagai tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan oleh teman-teman SKM UGM Bulaksumur.

Diawali perkenalan singkat mengenai data journalism yang disampaikan oleh Aghnia, Data Jurnalis Beritagar.id. Aghnia menceritakan tentang bagaimana pengalamannya dalam mengolah sekian banyak data untuk bisa disajikan secara lebih sederhana namun terperinci.

Melalui beberapa contoh data yang digunakan untuk membuat tulisan, Aghnia menjelaskan bahwa memang membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengemas data menjadi tampilan yang menarik, dan mudah dipahami.

Kemudian dilanjut dengan pengenalan secara singkat mengenai Robotorial oleh Kun, tim IT Beritagar.id. Memperkenalkan istilah kurator yang identik dengan Beritagar.id, Kun menjelaskan singkat mengenai penggunaan sistem kurasi di Beritagar.id.

Beberapa menit awal acara kunjungan, pertanyaan pun sudah disampaikan oleh teman-teman dari kota gudeg ini. Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Aghnia dan Kun secara bergantian menjelaskan dengan memberikan contoh kasus melalui tampilan presentasi agar mudah dipahami.

Salah satunya adalah mengenai konfirmasi data yang seharusnya digunakan oleh setiap jurnalis. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh Aghnia dengan memberikan contoh kasus yang pernah dilakukannya. Ia menyatakan, walaupun memang penggunaan kurasi diterapkan oleh Beritagar, tetapi penggambilan data tetaplah harus menggunakan proses analisis data, pengecekan tempat kejadian perkara (TKP) bahkan wawancara pihak terkait.

Bukan hanya mengenai data atau proses pembuatan suatu berita, rasa penasaran mengenai sistem Robotorial yang diterapkan di Beritagar.id pun menjadi salah satu hal yang ditanyakan dalam kesempatan ini. Kun, secara gamblang menceritakan tentang proses panjang yang perlu dilakukan untuk menciptakan sebuah mesin penulis berita.

Adanya sisipan kuis yang diberikan oleh Kun ketika menjelaskan, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai proses mengajarkan mesin (robot) dengan lebih santai.

Selain mengenai jurnalistik, jurnalisme data dan robotorial, mahasiswa juga bertanya seputar bisnis model dan monetisasi di Beritagar.id.

Ari, Sales Manager Beritagar.id, menjawab detail pertanyaan tersebut. Bukan hanya itu, sisipan ide juga diberikan oleh Ari kepada teman-teman dari kota wisata ini, untuk bisa mengembangkan official website mereka dengan cara yang lebih bijaksana.

Tak hanya menghadirkan sharing atau sesi talkshow. Teman-teman SKM UGM juga diberikan kesempatan untuk berkunjung ke ruang kerja Beritagar.id. Melihat bagaimana proses kerja yang terjadi di setiap divisi, sembari dijelaskan mengenai tugas dan kewajiban setiap divisi yang ada.

Di akhir perjalanan kunjungan ke Kantor Beritagar.id, beberapa mahasiswa beruntung yang sudah bisa menjawab pertanyaan kuis oleh Kun, diberikan merchandise spesial yang diberikan langsung oleh Yusro M. Santoso yang merupakan Pemimpin Redaksi Beritagar.id

Kegiatan kunjungan teman-teman SKM UGM Bulaksumur ke Beritagar.id ditutup dengan sesi foto bersama di kantor Beritagar.id.

BACA JUGA