Kelas Marketing Communication 101 bersama Arya Gumilar

Kelas Marketing Communication 101 bersama Arya Gumilar
Kelas Marketing Communication 101 bersama Arya Gumilar
© beritagar.id /beritagar.id

Bayangkan bahwa setiap konsumen setiap hari dibombardir dengan informasi dari lingkungan sekitar, sementara mereka memiliki kebutuhan sendiri. Produsen akan berlomba-lomba menawarkan solusi dari produk mereka dan menggunakan komunikasi pemasaran untuk menghubungkan kebutuhan konsumen dan solusi yang ditawarkan oleh brand.

Namun hal yang sama juga akan dilakukan oleh competitor, maka brand harus berusaha untuk membangun persepsi tentang merek yang dikelolanya ke dalam kebutuhan konsumen dengan cara yang unik dan berbeda, namun tepat guna.

Arya Gumilar, Founder Kayu Api, mengajar tim marketing dan sales Beritagar.id pada tanggal 15 Maret 2017, untuk membantu bagaimana positioning dan branding bisa memberi konteks emosional pada konsumen dengan memanfaatkan platform yang tepat, dengan tajuk "Menghubungkan titik" atau Connecting the Dots.

Arsiran dari brand, konsumen dan konteks adalah poin-poin yang digunakan untuk mencari arsiran apa yang ingin diberikan ke konsumen dari brand dengan konteks yang memungkinkan. Hal-hal ini disebut dengan insight yang dapat diaplikasikan pada kumpulan target audience dan dapat membantu produsen memahami mengapa konsumen membeli, tidak membeli, dan hal lain yang mempengaruhi tingkah laku mereka.

Masalahnya, insight bukanlah hal yang mudah ditemukan. Arya Gumilar memperkenalkan "brand locus", positioning dari market locus, consumer locus, dan product locus untuk menemukan brand essence. Arya Gumilar juga menjelaskan bagaimana mengaplikasikan brand locus melalui 3 studi kasus.

Dari kelas inilah, tim marketing dan sales Beritagar.id dapat menggali lebih dalam mengenai brand essence sehingga dapat membangun persepsi tentang Beritagar.id yang sesuai dengan kebutuhan pembaca dengan cara yang unik dan berbeda, namun tepat guna.

BACA JUGA