Kelas Kepemimpinan Antonny Liem

Anthony Liem
Anthony Liem
© beritagar.id /beritagar.id

Leadership is not position, it’s action

Jika mendengar kata pemimpin, apa yang ada di dalam pikiran Anda? Menurut Antonny Liem, CEO MCM Group, ada pemimpin yang dihormati karena posisinya, ada pula pemimin yang dihormati karena jiwa kepemimpinannya. Yang manakah Anda jika menjadi pemimpin kelak?

Suatu sore di bulan Oktober, Kantor Beritagar.id kembali mengadakan Kelas yang bertajuk Kelas Kepemimpinan. Untuk mengenal tipe-tipe pemimpin sekaligus membuka sesi Kelas, Antonny Liem berbagi diagram John Maxwell yang menerangkan bahwa ada lima tingkat kepemimpinan yang dapat dicapai oleh seseorang. Mulai dari tingkatan dasar yang umumnya mudah dicapai hingga tingkat kelima yang menurut beliau adalah talent.

Tingkat dasar adalah position. Pada tingkat ini, orang lain akan mendengarkan pemimpin karena posisi yang Anda duduki. Sebagai contoh, Antonny Liem mengangkat kisah dirinya yang mulai menjadi pemimpin di usia 26 tahun. Dengan usia yang masih sangat muda dan pengalaman yang belum seberapa, tidak heran jika posisi memegang peran penting dalam kepemimpinan.

Namun seiring berjalannya waktu, tingkat dasar tersebut dapat meningkat ke tingkat kedua yaitu Permission. Pada tingkat ini, orang lain sudah mau mengikuti pemimpinnya karena sudah mengenal dan menyukai pemimpinnya.

Sementara di tingkat ketiga, yaitu Production, seorang pemimpin tidak hanya memberikan komando pada awaknya tapi juga dapat membuat sesuatu yang penting dalam sebuah kelompok atau organisasi.

Kemampuan kepemimpinan tersebut masih dapat ditingkatkan hingga tingkat empat, yaitu People Development. Di mana pemimpin tidak sekadar memimpin, tapi juga memotivasi pengikutnya dan menciptakan pemimpin-pemimpin lain.

Setelahnya, ditingkat puncak, ada Pinnacle yang dikatakan oleh Antonny Liem sebagai seorang yang dapat menginspirasi orang lain. Pada posisi ini, pemimpin tidak hanya menjadi leader tapi juga mentor yang menginspirasi.

Bagi Antonny Liem, terus memperbaiki diri dan mengembangkan diri sebagai pemimpin adalah hal yang penting. Karena pemimpin yang buruk menjadi alasan utama awak kapal meninggalkan kapalnya.

Sore itu, Antonny Liem tidak hanya berbagi pentingnya kepemimpinan dan tip menjadi pemimpin yang dapat menginspirasi. Tetapi juga berbagi cerita mengenai pengalamannya dalam memimpin perusahaan.

Bagaimana Anda jika menjadi seorang pemimpin?

BACA JUGA