Beritagarid ke Kampus: Bedah Konten di London School Of Public Relations

Beritagar.id ke Kampus: Bedah Konten di London School Of Public Relations
Beritagar.id ke Kampus: Bedah Konten di London School Of Public Relations
© beritagar.id /beritagar.id

Beritagar.id merumuskan sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa bernama Beritagar.id ke Kampus; Bedah Konten.

Bedah konten adalah sebuah kelas bagi mahasiswa jurnalistik untuk memperkaya sekaligus memberikan pengetahuan terkini mengenai perkembangan dunia jurnalisme khususnya jurnalisme daring.

Ada empat kelas yang dapat dipilih universitas rekanan Beritagar.id ke Kampus, yaitu: Jurnalisme Berbasis Data (Data Driven Jurnalisme), Infografik, Ilustrasi Editorial, dan Wawancara Mendalam.

Beritagar.id mengunjungi kampus London School of Public Relations (LSPR) sebagai kampus pertama program Bedah Konten. Dekan jurusan Komunikasi Massa LSPR, Tunggul Siahaan menyambut dengan baik sehingga program Bedah Konten pertama Beritagar.id dapat berjalan dengan lancar.

Jumat, 23 September 2016, awak Beritagar.id ke Kampus yang terdiri dari Rahadian P. Paramita (Kang Dian), Iqbal Prakasa, dan Martyn Kho tiba di LSPR jam 14.00 ditengah hujan yang mengguyur area Sudirman Park dimana auditorium kampus LSPR berada.

Sekitar 40 mahasiswa jurusan Komunikasi Massa sudah berada di Auditorium dan menyimak informasi yang diberikan Pak Tunggul hingga tiba giliran Beritagar.id yang diwakili Kang Dian menyampaikan materi Data Driven Jurnalisme . Sedikit catatan, materi yang sama pernah dibawakan oleh Kang Dian pada Social Media Week Jakarta 2016, Masterclass.

Tanya jawab setelah sekitar satu jam Kang Dian menyampaikan materi, diisi dengan beberapa contoh mengenai betapa semua hal dalam hidup merupakan data, dan bisa diambil data set nya untuk kebutuhan tertentu.

Bedah Konten kemudian dilanjutkan dengan Iqbal Prakasa yang menyajikan materi Infografik. Diawali dengan menampilkan beberapa Infografik Beritagar.id yang viral, Iqbal menjelaskan secara rinci mengenai proses pembuatan Infografik. Tema Infografik tampaknya lebih menarik beberap mahasiswa, khusunya yang memiliki kemampuan desain grafis. Beberapa bahkan bertanya mengenai kesempatan menjadi pekerja-bebas untuk Beritagar.id.

Setelah tanya jawab mengenai Infografik, banyak pertanyaan yang diajukan mahasiswa seputar Beritagar.id dan data yang juga dijawab oleh Kang Dian hingga penghujung acara.

Tepat jam 17.00 acara Beritagar.id mengakhiri Bedah Konten dengan harapan materi mengenai Data Driven Journalisme dan Infografik yang telah disampaikan bisa menambah pengetahuan mahasiswa LSPR agar kelak mereka bisa mengikuti perkembangan jurnalisme di dunia yang serba digital.

BACA JUGA