Beritagar Ke Kampus: Jurnalisme 4.0 Manusia VS Robot, Universitas Bakrie

Senin, 6 Mei 2019 – Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie mengadakan seminar jurnalisme yang bertema “Manusia VS Robot.” Apakah benar robot akan menggantikan posisi manusia sebagai jurnalis?

Acara yang diselenggarakan pada 6 Mei 2019 di Ruang 1 & 2 Universitas Bakrie, Jakarta Selatan ini dipandu oleh Vela Andapita, reporter Megapolitan The Jakarta Post. Vela bercerita pengalamannya 5 tahun terakhir yang merasakan langsung perkembangan teknologi memang tidak terelakan. Menurutnya setiap tahun berganti selalu ada hal-hal baru dari dunia jurnalistik, baik dari sistem peliputan, bagaimana mekanisme pengunggahan berita, platform media, kemudian teknologi yang digunakan untuk mengolah berita.

Beritagar.id turut hadir dalam seminar untuk berbagi pengalaman mengenai kolaborasi antara robot dan manusia yang sudah dijalankan 3 tahun terakhir. Kun Budiharta, selaku Developer IT Beritagar.id mengaku sudah mulai mengembangkan dan menerapkan Artificial Intelligence (AI) sejak 2017. Kun menggarisbawahi bahwa kehadiran teknologi robot dalam dunia jurnalisme yang dikenal dengan istilah Computer Assistance Reporter, bukan untuk menggantikan reporter melainkan untuk membantu reporter.

Anwar Khumaini, Managing Editor merdeka.com mengatakan “Perkiraan cuaca saat ini sudah tidak dibuat oleh manusia, robotlah yang membuatnya.” Anwar juga menceritakan tentang kelebihan dan kekurangan dari jurnalisme robot. Salah satu kelebihannya adalah jurnalisme robot mampu memproduksi 30.000 artikel setiap bulannya. Sedangkan kekurangan dari jurnalisme robot tidak bisa menjelaskan fenomena dan membuat observasi.

Mahasiswa Universitas Bakrie sangat antusias membahas kolaborasi antara robot dan manusia dalam jurnalistik. Peserta yang hadir semakin antusias ketika berdiskusi mengenai Komik Jurnalistik yang dibawakan oleh Tito Sigilipoe, komikus Beritagar.id. Acara semakin meriah ketika sesi bertanya dan membagikan hadiah.

Kemudian, acara dilanjutkan oleh Maulana Viliano yang akrab disapa Olan, Marketing Communication Bank Central Asia (BCA) yang bersosialisasi tetang fitur terbaru BCA Mobile. Fitur yang dimaksud adalah BCA Keyboard yang memudahkan cek saldo atau transfer tanpa menutup dan membuka aplikasi, dan BCA rekening online, yang memudahkan nasabah untuk membuka rekening perlu repot datang ke kantor cabang. BCA juga mengadakan kuis di Instagram Story dengan hadiah berupa saldo uang elektronik di SAKUKU.

Saat ini Beritagar.id sedang mengadakan lomba komik yang di dukung oleh Bank Central Asia (BCA). Bagi yang tertarik, silakan ikuti lombanya http://beritagar.id/lomba/komik untuk dapat kesempatan menang hadiah utama MacBook Pro!

BACA JUGA