Bedah Konten: Merambah ke Kota Udang

Bedah Konten
Bedah Konten
© fisipunswagati.ac.id /fisipunswagati.ac.id

Mengulang kesuksesan di Solo, Makasar, dan Jogja pada tahun sebelumnya, pada 3 Maret 2018, Bedah Konten Beritagar.id menyambangi kota Cirebon.

Dengan persiapan yang cukup, tim Beritagar.id berangkat menggunakan kereta Argo Jati menuju Cirebon. Tepat 3 jam perjalanan, kami tiba di Stasiun Cirebon, lalu disambut oleh ibu Farida (dosen FISIP). Cuaca yang cukup berawan membuat teriknya matahari Cirebon tidak terlalu terasa.

Dari stasiun Cirebon, kami dibawa menemui Dekan FISIP Dr. H. Nurudin Siraj, Drs., MA., M.Si yang telah menanti di sebuah rumah makan. Tidak kurang dari 10 dosen, Wakil Dekan dan staf FISIP turut hadir, dan bersantap siang dengan santai.

Setelah santap siang, kami langsung menuju Auditorium Kampus 1 Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) di Jl. Pemuda No.32 Cirebon.

Unswagati memiliki beberapa gedung kampus dengan lokasi terpisah, yang hampir semuanya terdapat di tengah kota. Cukup memudahkan bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa.

Saat tiba di auditorium, tidak kurang 200 mahasiswa maupun tamu undangan telah hadir.

Acara dibuka dengan pembacaan doa, lagu Indonesia Raya, dan sambutan dari Dekan FISIP, Nurudin Siraj, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Unswagati yang berkenan hadir, bapak Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si

Kami merasa cukup terhormat, melihat antusiasme mahasiswa, dosen, dekan hingga tamu undangan lain yang turut hadir dalam Bedah Konten ini untuk memahami Infografik dan Data Driven Journalism.

Robotorial, merupakan salah satu poin yang dijelaskan dalam pembukaan sesi Bedah Konten.

Sebagai Moderator, Martyn ditugaskan untuk memberikan sedikit gambaran kepada audience mengenai Beritagar.id, baik dari segi perbedaan hingga keunggulan Beritagar.id dari media daring lain.

Sesi selanjutnya, Islah (tim data Beritagar.id), menjelaskan mengenai Data Driven Journalism.

Beberapa contoh data-set dipresentasikan oleh Islah yang juga menjelaskan banyak tahapan untuk menggali 'berita' dari bongkahan data. Proses yang tidak mudah, namun bisa menghasilkan karya jurnalisme yang mendalam dan faktual.

Sekitar 45 menit kemudian, Iqbal melanjutkan dengan materi Infografik. Diawali dengan memberikan contoh mengenai 'infografik' yang banyak terdapat di internet, Iqbal memberi penjelasan mengenai definisi serta contoh infografik yang baik dan benar.

Dengan gaya interaktif hingga turun dari panggung mendekat ke mahasiswa yang duduk di bagian belakang, Iqbal juga banyak menyelipkan pertanyaan langsung kepada mahasiswa di sela-sela penjelasan, pertanyaan yang relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Hal tersebut membuat acara lebih menarik, dan mahasiswa menjadi lebih antusias.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa dan undangan. Rupanya, banyak juga mahasiswa dan dosen dari universitas selain Unswagati yang hadir. Bahkan ada yang hadir dari universitas di Majalengka.

Kami akan lanjutkan Bedah Konten di kota-kota lain di Indonesia. Silakan hubungi tim kami melalui marketing@beritagar.id utnuk info seputar Bedah Konten Beritagar.id.

BACA JUGA