Bedah Konten: Data Driven Journalism di Universitas Atma Jaya Jakarta

suasana beritagar.id ke kampus
suasana beritagar.id ke kampus
© beritagar.id /beritagar.id

Setelah mengunjungi The London School of Public Relations Jakarta dan Universitas Pelita Harapan, Beritagar.id kini berbagi ilmu mengenai jurnalistik di Universitas Atma Jaya.

Tepat di hari Kamis, 17 November 2016, bertempat di kampus Universitas Atma Jaya Jakarta, Beritagar.id Bedah Konten kembali hadir dengan membawa tema Data Driven Journalism.

Bedah konten yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB tersebut dihadiri oleh sebanyak 80 orang mahasiswa lintas fakultas Universitas Atma Jaya Jakarta. Bedah Konten kali ini bertujuan untuk berbagi ilmu sekaligus menjelaskan bagaimana proses sebuah data menjadi artikel utuh kepada teman-teman mahasiswa. Apa saja yang dibagikan hari itu?

Berbicara mengenai informasi, kurang lengkap rasanya jika tidak menyinggung mengenai data. Bagaimana pun juga, data memegang peran penting dalam sebuah informasi. Data membantu kita melihat dan memahami kondisi dan situasi terhadap suatu permasalahan. Tak hanya itu, data pun dapat "bercerita" mengenai peristiwa atau permasalahan dari sudut pndang yang lebih luas berdasarkan fakta.

Di sinilah data driven journalism memegang peranan penting. Setiap data yang dirilis dan diperoleh dari pemerintah, biasanya berbentuk statistik, kemudian diolah menjadi sebuah narasi utuh menjadi artikel, atau dibuat ke dalam bentuk visual sepeti info grafik agar lebih mudah dimengerti.

Data yang diolah dalam bentuk visual sendiri sudah sering sekali diterapkan oleh Beritagar.id. Sebagai contoh, sebuah info grafik yang memaparkan kronologi terjatuhnya AirAsia QZ8501, 1 Desember 2015

Setelah pencarian dilakukan dan membuahkan hasil ditemukannya blackbox, data dalam bentuk transkrip angka dan suara tersebut diolah ke dalam visual sehingga menghasilkan kronologi runut kejadian nahas tersebut.

Berikut adalah beberapa momen Bedah Konten: Data Driven Journalism di Universitas Atma Jaya yang sempat kami abadikan.

BACA JUGA