Antara Anyer - Jakarta, Beritagar punya cerita

Para punggawa Beritagar.id berfoto bersama
Para punggawa Beritagar.id berfoto bersama
© Imad /Beritagar.id

Saat itu (12/06/18), waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB ketika pak supir bis tancap gas sesaat setelah pimpin doa bersama. Dua bus mengangkut kami menuju tempat di mana akan digelar outing dan raker beritagar.id yang keempat kalinya. Anyer adalah destinasi yang kami pilih untuk melakoni kedua momen penting tahunan tersebut.

Setelah 3 jam lamanya, sampai juga kami di lokasi. Rasa lelah selama perjalanan mendadak terobati ketika melihat suasana hotel berlatar pantai yang elok. Rasanya kali ini, kami tak salah pilih tempat karena nyatanya Aston Anyer Beach Hotel memang memanjakan mata sekaligus perut kami. Baru saja sampai, hidangan lezat makan siang sudah tersedia dan siap disantap.

Sehabis isi amunisi perut yang lapar, lantas tak serta-merta kami langsung bersantai di kamar. Karena seluruh awak media harus bergegas menuju agenda berikutnya. Ya, raker alias rapat kerja menanti.

Herman Kwok saat presentasikan capaian kerja
Herman Kwok saat presentasikan capaian kerja
© Beritagar.id /Beritagar.id

Raker pun dimulai. Dengan wajah yang santai, Herman Kwok selaku pemimpin umum membuka rapat dengan memaparkan perjalanan dan pencapaian kerja media sepanjang tahun. Dari sekian banyak hal yang diucap, nampaknya paparan mengenai Beritagar.id yang memiliki tren menanjak dari tahun ke tahun seolah menjadi kabar baik dan terpenting bagi sekalian hadirin.

Beritagar.id memang baru terbentuk 2015 silam, namun kami tak segan-segan ramaikan persaingan di tengah suburnya media online di Indonesia. Tampil dengan tagline "Merawat Indonesia" kami mempunyai idealisme untuk mengawal dan meneruskan spirit bangsa sesuai amanah pilar-pilar kebangsaan yang diwariskan para founding fathers.

Seusai sang pimpinan rampungkan presentasinya, kini giliran Didi Nugrahadi dan Yusro Santoso yang angkat mikrofon. Dimulai dengan Didi selaku pemimpin perusahaan, lewat gekstur yang ceria, ia menyampaikan kebanggaannya atas capaian kinerja seluruh tim. Pasalnya, tahun ini target bisnis media sesuai harapan. Tak lupa juga, ia utarakan bagaimana rancangan strategi bisnis media ke depan supaya tetap dalam track yang positif.

Sebelah kanan (Didi Nugrahadi) Sebelah kiri (M.Iqbal) ketika sampaikan capaian bisnis media
Sebelah kanan (Didi Nugrahadi) Sebelah kiri (M.Iqbal) ketika sampaikan capaian bisnis media
© Beritagar.id /Beritagar.id

Di lanjut dengan Yusro selaku pemimpin redaksi. Tanpa tergesa-gesa, ia menjelaskan agenda yang bakal dilakoni seluruh awak redaksi dengan ragam strateginya di 2019. Selain perluasan cakupan isu, di tahun baru ini juga, pengembangan dan pembaharuan konten di setiap kanal menjadi hal yang difokuskan. Intinya, ia mencoba jabarkan langkah-langkah redaksi guna wujudkan Beritagar.id sebagai media nomor satu rujukan masyarakat Indonesia.

Raker kali ini terasa berbeda dari sebelumnya karena untuk pertama kalinya menghadirkan Johan Budi Sapto Pribowo, sang juru bicara alias jubir presiden. Jangan salah, kehadirannya bukan untuk kampanyekan Jokowi, melainkan datang sebagai Ombudsman Beritagar.id.

Johan Budi Sapto Pribowo,  salah satu Ombudsman Beritagar.id
Johan Budi Sapto Pribowo, salah satu Ombudsman Beritagar.id
© Beritagar.id /Beritagar.id

Berbekal belasan tahun jadi wartawan Tempo, ia mencoba beri masukan terkait politik editorial yang menurutnya perlu ditingkatkan. Lebih lanjut, ia menegaskan kalau ekslusivitas, akurasi, dan independensi adalah nyawa suatu media agar tetap eksis. Setidaknya, saran yang diberikan begitu berarti untuk sekedar evaluasi setiap jajaran redaksi.

Hari semakin sore dan saat Johan tandaskan kalimat penutup sekaligus jadi tanda agenda raker telah rampung. Para awak media pun bergegas menuju kamar masing-masing untuk rehat sejenak jelang acara malam.

Berdendang sambil berjoged di outing 2018
Berdendang sambil berjoged di outing 2018
© Beritagar.id /Beritagar.id

Berbekal jasa organ tunggal lokal, acara malam pun larut dalam keseruan. Berdendang lagu sambil lenturkan badan dengan berjoged seolah menjadi hiburan sejenak seusai berjibaku satu tahun dengan rutinitas kerja media.

Kegiatan fun games di tepi pantai
Kegiatan fun games di tepi pantai
© Beritagar.id /Beritagar.id

Keesokan harinya acara berlanjut dengan fun games di tepi pantai. Jasa outing company yang kami percayakan mampu buat suasana pecah lewat ragam permainan seru. Bukan saja seru, di sini pun kami bisa tambah saling ketahui karakter antar kawan karena banyak games yang menuntun kerjasama tim.

Dengan berakhirnya games, usai pula agenda kami di ujung Barat pulau Jawa tersebut. Dua hari yang berkesan telah kami lalui. Juga satu malam kami lewati dengan merenung tentang masa depan media sesaat sebelum tertidur lelap. Semoga semangat kami terus menyala untuk Merawat Indonesia. Amin.

BACA JUGA